Keren, SMK Mutu Tegal Ujian Dengan Android

SMKMUH1TEGAL.SCH.ID, Tegal (19/9/2018) Rabu tadi merupakan hari ketiga SMK Mutu Tegal menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. “Keren”, ungkapan spontanitas untuk mengapresiasi sebuah inovasi dalam evaluasi pembelajaran pendidikan yang mampu mengikuti perkembangan pada Era Industri 4.0 dan SMK Mutu Tegal mencoba mengubah sebuah peradaban yang berkemajuan tentu ini searah dengan misi Muhammadiyah.

Ujian menggunakan android ini merupakan tahun kedua di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal setelah pada 2017 lalu sukses diberlakukan hanya untuk kelas X, namun kali ini diberlakukan semua siswa kelas X, XI dan XII. Ujian berbasis online untuk kelas XI yang sedang prakerin sedangkan ujian dilakukan offline bagi siswa kelas X dan XII. Yah, mungkin masih terdengar aneh dan unik, karena sampai saat ini mungkin baru SMK Mutu Tegal yang mengawali melalukan PTS berbasis Android Se-Kota Tegal bahkan Se-Jawa Tengah yang melakukannya.

Kegiatan PTS berbasis android di laksanakan dua sesi, Sesi 1 untuk kelas X dimulai pukul 07.00-10.00 WIB dan sesi 2 bagi kelas XII dimulai pukul 10.15 – 14.30 WIB dengan jumlah 14 ruang ujian. Bagi siswa yang tidak mempunyai HP android kami sudah menyiapkan lab kamputer untuk memfasilitasi siswa-siswi ujian melalui aplikasi yang sudah di siapkan.

Menurut Waka Kurikulum Khaqul Darojaat, ST selaku pengarah panitia pada kegiatan PTS kali ini beliau menyampaikan SMK Muhamamdiyah 1 Tegal yang lebih dikenal dengan SMK Mutu untuk kedua kalinya melaksanakan ujian menggunakan android. Pelaksanan tersebut dimulai dari ujian tengah semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. “Sebelum pelaksanaan ujian kami kumpulkan semua anak-anak,mendata siswa. Selain itu, kami juga sudah membagikan aplikasi yang harus diinstall di android. Kendala lain adalah tidak semua siswa memiliki Handphone Smartphone atau pun Laptop, untuk mengantisipasi ini pihak sekolah tidak memaksakan siswanya. Sebab sekolah telah menyiapkan 170 unit komputer agar memudahkan siswa dalam mengikuti ujian.” Ujarnya Khaqul.

Menurut Kepala SMK Mutu Tegal Drs.Riswanto, MM bahwa Penilaian komputer sekarang sudah semakin populer hingga Ujian Nasional sekarang sudah menggunakan CBT (Computer Based Test) dan penilaian Paper cenderung berkurang, disamping bisa untuk mengefisiensi anggaran juga SMK Mutu Tegal sebagai Pilot Project Sekolah Berbasis Digital di Jawa Tengah.

Riswanto menambahkan jika SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal berhasil membantu sekolah-sekolah di Jawa Tengah baik itu sekolah Muhammadiyah maupun Negeri bahkan sekolah swasta lain di luar Muhammadiyah. Selain itu kami membiasakan siswa selalu siap memasuki dunia industri. “Ketika kita mau berlari kencang maka saat-saat inilah momen terpenting bagi kita, salam milenia 4.0 yang islami”.
(AW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *